Kamis, 17 Desember 2009

MASA PUBERTAS

image

Pubertas adalah satu masa dalam kehidupan manusia dimana organ reproduksi dan organ seksual telah mencapai tahap matang. Hal ini berarti bahwa dalam tubuh seorang anak perempuan sudah dapat terjadi proses kehamilan dan seorang anak laki laki sudah dapat menyebabkan seorang wanita menjadi hamil.

Jauh sebelum perubahan tersebut berlangsung, dalam tubuh anak laki dan wanita di produksi hormon yang mempengaruhi segala hal termasuk pertumbuhan dan perkembangan seksual.

Pubertas pada anak wanita umumnya terjadi sekitar usia 11 tahun dan pada anak laki laki pada usia 12 tahun.

Perubahan fisik akan sedemikian nyata pada usia 11 – 14 tahun untuk wanita dan 13 – 16 tahun pada laki laki.

Seiring dengan perubahan fisik, terjadi pula perubahan emosi. Pada masa itu terjadi pula perubahan cara pandang mereka terhadap kehidupan.

Banyak hal yang harus mereka lakukan untuk menyesuaikan dengan perubahan ini.

Perubahan fisik pada gadis remaja

  • Tinggi badan – anak gadis akan tumbuh menjadi tinggi.
  • Bentuk tubuh yang berubah – bentuk tubuh akan “berubah” , lekuk tubuh yang menjadi ciri khas wanita sudah mulai terbentuk
  • Payudara mulai terbentuk – pada tahap pertama, tumbuh penonjolan payudara (“budding” ) . Kadangkala pertumbuhan kedua payudara tidak sama, ini adalah kejadian biasa namun bila terdapat keraguan maka hal tersebut dapat dikonsultasikan dengan dokter.
  • Pertumbuhan rambut – sekitar daerah kemaluan dan ketiak mulai tumbuh rambut, rambut pada lengan dan kaki menjadi lebih lebat, kasar dan hitam.
  • Keputihan – kadang mulai keluar cairan dari vagina, ini merupakan proses pembersihan vagina yang alamiah sehingga tidak perlu dikhawatirkan.
  • Haid – mulai terjadi haid. Keluarnya darah haid dari vagina tidak sama dengan darah yang keluar dari luka.
  • Nyeri haid – terjadi nyeri menjelang dan saat pertama haid. Minum air hangat dan meletakkan bantal panas di daerah perut bagian bawah sering dapat membantu mengatasi rasa nyeri saat haid. Bila perlu, olah raga ringan juga dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri haid. Bila nyeri sangat mengganggu, datanglah ke dokter, kadang kadang diperlukan terapi obat.

image

image

SIKLUS HAID


Kapan saat pasti anda mendapatkan haid yang pertama tidak selalu diketahui secara pasti. Biasanya awal haid berawal dengan keluarnya sedikit darah melalui vagina saat pergi ke toilet. Yang dirasakan saat itu hanya perasaan sedikit basah dan rasa tak nyaman pada kemaluan.

Beberapa wanita merasakan adanya rasa nyeri yang periodik atau nyeri mengejang pada perut bagian bawah yang menyadarkan bahwa dirinya sedang memperoleh haid. Anda dapat melihat adanya sedikit lendir jernih pada pertengahan siklus.

Pada awalnya, siklus haid berlangsung tidak teratur. Saat datangnya haid pada awalnya tidak jelas dan tidak jelas pula berakhirnya. Setelah tahun pertama biasanya siklus haid sudah menjadi sedikit teratur dan berlangsung sekitar satu bulan sekali.

Pembalut wanita


Sebaiknya pembalut wanita selalu tersedia didalam tas sekolah oleh karena haid dapat datang secara tiba tiba. Ganti pembalut wanita 2 – 3 kali sehari tergantung pada derasnya aliran darah haid.

Gunakan jenis pembalut wanita yang sesuai dengan jumlah perdarahan. Bila digunakan secara tidak tepat maka pembalut wanita dapat terkait dengan sindrom “toxin shock”.

Perubahan fisik pada anak laki laki


Pada anak laki laki perubahan yang terlihat adalah :

  • Perubahan tinggi badan dan perkembangan otot – anda akan menjadi lebih tinggi dan masa otot mulai berkembang
  • Genitalia – ukuran testis dan penis bertambah. Adalah keadaan normal bila satu testis lebih besar dibanding yang satunya. Sebagian pria memprihatinkan ukuran penisnya dan harus diketahui bahwa fungsi dan kemampuan seksual tidak tergantung pada ukuran penis
  • Pertumbuhan rambut – rambut tubuh mulai tumbuh disekitar kemaluan, lengan dan pada muka. Rambut yang semula tumbuh sebagai rambut halus semakin lama akan menjadi semakin lebat dan gelap. Pertumbuhan rambut berlanjut sampai usia 20 an.
  • Perubahan suara – suara menjadi lebih berat dan besar
  • Mimpi basah – emisi nokturnal atau mimpi basah sering terjadi saat anda tidur. Mimpi basah adalah proses ejakulasi semen yang menyebabkan celana dalam anda menjadi basah. Ini adalah peristiwa biasa dalam pertumbuhan seorang anak laki laki .
  • Ereksi – ereksi dapat terjadi saat anda menjadi tegang atau terangsang atau bahkan tanpa alasan apapun. Hal ini kadang kadang menyebabkan anda merasa malu, tetapi jangan terlalu dirisaukan, kejadian ini tidak selalu diketahui oleh orang lain dan tidak pula berlangsung lama.
  • Perubahan payudara – kadang ini juga terjadi pada anak laki laki, ini merupakan reaksi normal dari hormon tubuh dan biasanya akan segera menghilang.

Perubahan emosional


Meskipun pubertas ditandai dengan adanya perubahan pada fisik namun pada masa ini terjadi pula perubahan emosional baik pada remaja laki laki ataupun perempuan.

  • Penyesuaian dengan perubahan bentuk tubuh – remaja selalu menyadari adanya perubahan fisik cepat yang terjadi pada tubuhnya. Anda menyadari bahwa anda mempunyai bentuk tubuh yang baru dan mulai menilai bentuk tubuh sendiri. Tidak jarang seorang remaja merasa malu dengan penampilannya dan menjadi tidak percaya diri oleh karena merasa berbeda dengan teman sebayanya. Anda akan terlihat lebih dewasa dan anda akan berusaha untuk bersikap sebagaimana layaknya orang dewasa. Saat ini remaja akan mencoba mencari identitas dirinya.
  • “Mood swings” – perubahan hormon secara tiba tiba dalam tubuh akan menyebabkan perubahan emosi dan peraasaan. Kadang terjadi ketidak seimbangan emosional. Seringkali para orang tua mengeluh mengenai perubahan perilaku anda, harus diingat bahwa …..sebenarnya itu bukan diri anda sendiri !!. Itu adalah hormon yang mempengaruhi perilaku dan perasaan anda.
  • Perubahan energi – pertumbuhan fisik yang cepat dan perubahan tubuh anda yang lain akan menyebabkan suatu saat anda merasa lelah dan capai.

Perubahan pola pikir remaja

Terjadi perubahan pola pikir anda saat pubertas. Anda akan menentukan nilai baku yang ideal untuk membentuk ide , moral dan nilai dari diri anda. Anda akan sampai pada satu pertanyaan yang sifatnya dalam seperti “siapa diri saya ini? “ dan “mengapa saya ada disini?” serta anda akan mulai merenungkan berbagai arti kehidupan.

Anda akan lebih mengembangkan identitas diri anda sebagai seorang individu ketimbang identitas dalam keluarga. Anda akan berusaha untuk menunjukkan kepada orang tua anda dan dunia bahwa anda adalah individu yang berbeda. Tahapan ini seringkali memerlukan intervensi dari orang tua dan tidak dapat dibiarkan berkembang tanpa arah atau dengan arah yang salah.

Hubungan dengan orang tua

Anda mungkin akan menghendaki lebih banyak kebebasan namun sejujurnya masih sulit menghindari ketergantungan pada orang tua. Ini akan membuat anda satu saat berpikir sebagai orang dewasa namun di saat lain masih ingin diperlakukan sebagai seorang anak.

Satu saat anda akan terjebak dalam tindakan impulsif yang ber resiko tinggi. Orang tua anda sering melarang anda melakukan sesuatu dan hal itu semata mata karena mereka tak ingin anda mengalami cedera atau berada pada satu situasi berbahaya.

Seringkali terjadi konflik antara remaja (yang menginginkan kebebasan penuh) dan orang tua (yang tidak menghendaki anaknya mengalami hal buruk). Cobalah untuk membahas ini semua dengan orang tua anda secara tenang dan tidak emosional.

Melewati masa pubertas

Pubertas adalah satu masa peralihan. Masa pubertas adalah masa yang penuh gejolak oleh karena saat itu merupakan masa peralihan dari masa anak anak menjadi dewasa dengan membawa semua hak dan tanggung jawab yang menyertainya. Masa pubertas sering merupakan masa sulit bagi orang tua dan bagi sesama remaja oleh karena diperlukan adanya proses penyesuaian. Semua pihak yang berhubungan dengan kehidupan remaja harus memandang mereka dengan penuh pengertian , perhatian dan kesabaran.

Orang tua kaum remaja juga harus belajar menghadapi anak yang sedang tumbuh menjadi remaja. Bila terjadi ketidaksefahaman maka dengarkan apa yang mereka katakan dan biarkan mereka memahami sendiri apa yang menjadi kehendak anda.

Tunjukan kepada mereka pandangan dan kebijaksanaan orang dewasa

Cobalah untuk membuat kesepakatan – sebagai contoh biarkan orang tua kalian mengetahui keberadaan dan perubahan rencana yang sudah kalian sampaikan kepada orang tua. Ini adalah hal kecil yang dapat membina satu perbedaan.

Apa yang anda lakukan harus dilandasi satu tanggung jawab dan merupakan satu bentuk aktivitas yang aman.
Dengan menangani situasi secara sabar dan penuh kedewasaan maka orang tua anda semakin dapat mempercayai anda dan sadar bahwa kalian sedang belajar mencari sesuatu untuk mengurus kehidupan anda sendiri

Kesimpulan

  • Pubertas adalah satu masa dalam kehidupan dimana terjadi proses pematangan organ reproduksi dan kehidupan seksual.
  • Meskipun pubertas lebih terlihat sebagai perubahan fisik namun masa itu juga terjadi perubahan emosional
  • Pubertas sering menimbulkan masalah pada orang tua dan sesama remaja oleh karena orang orang yang berada disekitar kehidupan remaja harus melakukan satu penyesuaian.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Site Info

Pengikut

SITUS REPRODUKSI 4 U Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template